Promosi Kopi KJRI Chicago Hasilkan Kontrak Rp 1,33 M

By Admin

nusakini.com--KJRI Chicago dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Chicago gelar Remarkable Indonesian Coffee Reception di Indonesian Cultural Center, Chicago, Rabu (26/4).

Business match making yang dilakukan disela-sela berlangsungnya acara, hasilkan potensial kontrak antara Koperasi Ketiara dengan satu perusahaan importir kopi di Chicago, Crop to Cup senilai US$ 100 ribu atau Rp 1,33 Miliar.   

Pemerintah sedang galakkan promosi produk-­produk kopi Indonesia. Untuk itu, kata Konjen RI Chicago Rosmalawati, kegiatan ini bertujuan promosikan Specialty Coffee di wilayah Midwest Amerika Serikat, sekaligus mengenalkan program kemitraan antara Koperasi Produsen Kopi dengan importir kopi. 

“Acara ini kita adakan untuk lebih mendekatkan para buyers atau calon buyers kopi yang ada di Chicago dan sekitarnya dengan produsen dan eksportir kopi di Indonesia,” jelas Rosmalawati. 

Ekspor Kopi Indonesia ke 13 negara bagian di Midwest pada tahun 2016 mencapai nilai USD 25,48 juta atau tumbuh 37,9% dalam kurun waktu 2014-2016.   

Ia mengapresiasi hubungan bisnis yang telah terjalin baik antara Koperasi Ketiara dengan Colectivo Coffee, yang diharapkan akan dapat menjadi inspirasi bagi pelaku bisnis kopi di Indonesia. 

Kepala ITPC Chicago Wijayanto menambahkan bahwa Koperasi Ketiara adalah salah satu eksportir yang cukup berhasil menembus pasar Amerika Serikat. 

“Koperasi Ketiara menjaga kualitas biji kopi yang baik dan menerapkan prinsip Good Agricultural Practices (GAP), sehingga mendapatkan kepercayaan yang cukup tinggi dari pembeli kopi di Amerika Serikat.,” ungkapnya. 

Sementara itu, Scott Schwebel dari Colectivo Coffee menyatakan Koperasi Ketiara adalah satu satu model produsen kopi yang memberikan inspirasi baru bagi konsumen Colectivo. Hal ini mengingat peran petani kopi wanita dalam menghasilkan kopi berkualitas tinggi yang digemari oleh konsumen serta kontribusi dalam membangun daerah tempat tinggalnya.   

Hadir dalam acara, Ketua Koperasi Ketiara di Takengon, Aceh Tengah, Rahma dan Colectivo Coffee yang berbasis di Milwaukee dan lebih dari 50 orang tamu yang terdiri dari kalangan bisnis dan asosiasi, coffee roaster, coffee importers, distributor kopi di wilayah Midwest serta perwakilan beberapa negara asing di Chicago. (p/ab)